Pengaruh Minat Pengunjung UPTD Agribisnis Buah Naga Rembangan di Kecamatan Arjasa

Authors

Ariesia Ayuning Gema Putri , Dyah Kusuma Wardhani , Paramita Andini , Ayu Farhana

DOI:

10.25047/jmaa.v1i2.14

Published:

2021-12-28

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): December

Articles

How to Cite

[1]
A. A. G. Putri, D. K. Wardhani, P. Andini, and A. Farhana, “Pengaruh Minat Pengunjung UPTD Agribisnis Buah Naga Rembangan di Kecamatan Arjasa ”, jmaa, vol. 1, no. 2, pp. 67–72, Dec. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Dinas Pariwisata Kabupaten Jember menggiatkan desa wisata yang bertujuan untuk menarik wisatawan domestik dan non domestik untuk mengunjungi Kabupaten Jember, Salah satu kawasan wisata yang ada di Kabupaten Jember adalah kawasan UPTD agribisnis buah naga Rembangan. Kawasan ini merupakan satu dari beberapa tempat wisata di Kabupaten Jember yang sangat prospektif, Namun masyarakat diluar Kabupaten Jember kurang begitu berminat untuk mengunjunginya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengunjung ke kawasan UPTD agribisnis buah naga Rembangan dengan menggunakan analisis logaritma natural dan analisis regresi logistik biner. Analisis ini mampu mengidentifikasi apakah faktor yang diteliti dapat mempengaruhi minat pengunjung secara bersama-sama dan faktor apa yang paling dominan berpengaruh pada minat pengunjung ke kawasan agribisnis buah naga Rembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Lama Perjalanan (X1), Penghasilan Perbulan (X2), Usia Pengunjung (X3), Waktu Luang Perminggu (X4), dan Biaya Transportasi (X5) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap Minat Pengunjung (Y) di kawasan UPTD agribisnis buah naga Rembangan, Kabupaten Jember, dan Variabel paling dominan terhadap minat pengunjung di  kawasan UPTD agribisnis buah naga Rembangan, Kabupaten Jember adalah variabel lama perjalanan

References

Dumadezirer. 2009. Mengisi Waktu Luang Yang Produktif. Jakarta: Pradnya Paramita

Kunarso, Adi. 2008. Pengaruh Perilaku Pengunjung terhadap Jumlah Kunjungan di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen Akuntansi dan Terapan STIE Totalwin Semarang. http://e-journal.stie-totalwin.ac.id/e-journal/index.php/excellent. diakses pada tanggal 08 Agustus 2013

Abadi, Jesslyn. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pengunjung terhadap Kolam Renang Air Asin Hotel Tirta Mandala di Jayapura-Papua. Jurnal Ilmu Manajemen Akuntansi dan Terapan STIE Totalwin Semarang. http://e-journal.stie-totalwin.ac.id/e-journal/index.php/excellent. diakses pada tanggal 08 Agustus 2013.

Prihatin, Sinta. 2010. Pengelolaan Ekowisata Taman Nasional Gunung Halimun dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungannya. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. http://e-journal.ipb.ac.id/e-journal/index.php/excellent. diakses pada tanggal 08 Agustus 2013

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinelka Cipta

Syahadat, Epi. 2009. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Jurnal Ilmu Manajemen Akuntansi dan Terapan STIE Totalwin Semarang. http://e-journal.stie-totalwin.ac.id/e-journal/index.php/excellent. diakses pada tanggal 08 Agustus 2013.

Gozali, Imam. 2005. Analisis Mulitivariate Dengan Progam SPSS. Semarang: Undip.

Author Biographies

Ariesia Ayuning Gema Putri, Politeknik Negeri Jember

Dyah Kusuma Wardhani, Politeknik Negeri Jember

Paramita Andini, Politeknik Negeri Jember

Ayu Farhana, Politeknik Negeri Jember

License

Copyright (c) 2021 Ariesia Ayuning Gema Putri, Dyah Kusuma Wardhani, Paramita Andini, Ayu Farhana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Most read articles by the same author(s)