Peningkatan Kinerja Sektor Hulu Kelompok Tani Kopi Robusta Desa Sidomulyo Kabupaten Jember
DOI:
10.25047/jmaa.v2i1.20Issue:
Vol. 2 No. 1 (2022): JuneKeywords:
peningkatan, sektor hulu, kopi robusta, SWOT, AHPArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Menurunnya tingkat produksi kopi robusta dalam negeri dipengaruhi karena banyak faktor, salah satunya adalah menurunnya sumbangsih hasil produksi dari tingkat kelompok tani kopi yang juga menunjang tingkat produksi nasional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prioritas upaya dalam peningkatan kinerja sektor hulu budidaya kopi robusta pada tingkat petani kopi robusta. Metode penelitian yang digunakan adalah SWOT dan AHP dengan pengambilan data pada lokasi penelitian di Kelompok Tani Kopi Robusta Desa Sidomulyo dengan menggunakan metode wawancara kepada responden. Metode SWOT menghasilkan prioritas upaya perpaduan antara kekuatan dan peluang dengan bobot nilai 3,467, dan prioritas usaha yang dapat dilakukan adalah penyelenggaraan pelatihan dan penyuluhan. Pada metode AHP menghasilkan prioritas upaya yang didapatkan dalam penelitian ini pada level kriteria yaitu optimis dengan bobot 0,6073 dan pada level target yaitu penyelenggaraan pelatihan dan penyuluhan dengan bobot 0,5272.
References
M. K. M. Burhani Maulana Suprayogi, Zainul Arifin, “Analisis Daya Saing Ekspo Kopi Indonesia, Brazil, Kolombia, Dan Vietnam,” J. Adm. Bisnis, vol. 50, no. 2, pp. 162–170, 2017,
M. E. Y. Putra and D. G. Pratita, “Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 2, pp. 82–88, Dec. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i2.10.
Jusmer Sihotang, “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Internasional,” J. Ekon. dan Bisnis Nommensen, vol. 6, no. 1, pp. 9–18, 2013
M. Purnamasari1, N. Hanani2, and Wen-Chi Huang3, “Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Dunia,” AGRISE, vol. 14, no. 1, pp. 1412–1425, 2014,
Hervinaldy, “Strategi Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Ekspor Kopi ke Amerika Serikat,” JOM FISIP, vol. 4, no. 2, 2017
I. D. G. R. S. Dewi, N. L. A. D. S., Iga Oka Suryawardani, “Strategi Pemasaran Kopi pada Perusahaan Kopi Banyuatis,” E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, vol. 5, no. 1, 2016
S. Narulita, R. Winandi, and S. Jahroh, “Analisis Dayasaing Dan Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Indonesia,” J. Agribisnis Indones., vol. 2, no. 1, p. 63, Jun. 2014, doi: 10.29244/jai.2014.2.1.63-74.
R. S. Dindy Darmawanti Putri, Altri Mulyani, “Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas,” SEPA, vol. 8, no. 2, pp. 162–167, 2012, doi: https://doi.org/10.20961/sepa.v8i2.48863.
T. L. Saaty, Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process (Analytic Hierarchy Process Series. RWS Publications, 2000.
Author Biographies
Mohammad Edwinsyah Yanuan Putra, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
Oktanita Jaya Anggaeni, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
Naning Retnowati, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
Linda Ekadewi Widyatami, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
Dyah Kusuma Wardani, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
Paramita Andini, Politeknik Negeri Jember
Jurusan Manajemen Agribisnis
License
Copyright (c) 2022 Mohammad Edwinsyah Yanuan Putra, Oktanita Jaya Anggaeni, Naning Retnowati, Linda Ekadewi Widyatami, Dyah Kusuma Wardani, Paramita Andini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.