Analisis Brand Equity (Kasus Pada Usaha Kuliner Bakso Mandiri Jember)

Authors

Vania Puspita Anggraeni , Tanti Kustiari , Muksin , Huda Ahmad Hudori

DOI:

10.25047/jmaa.v1i2.18

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): December
Received: Sep 24, 2021
Accepted: Nov 14, 2021
Published: Dec 28, 2021

Articles

How to Cite

[1]
V. P. Anggraeni, T. Kustiari, Muksin, and H. A. Hudori, “Analisis Brand Equity (Kasus Pada Usaha Kuliner Bakso Mandiri Jember)”, jmaa, vol. 1, no. 2, pp. 95–102, Dec. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Seiring perkembangan zaman usaha kuliner bakso semakin banyak dan mudah ditemui, sehingga persaingan usaha kuliner bakso juga semakin kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kesadaran merek, kesetiaan merek, asosiasi merek, dan kualitas yang dirasakan pada Bakso Mandiri Kabupaten Jember terhadap brand equity. Penelitian ini menggunakan 100 populasi yang telah ditetapkan peneliti sebelumnya dan dihitung menggunakan rumus slovin hingga menemukan 50 sampel sebagai responden dari konsumen bakso mandiri yang mengisi kuisioner tertutup dengan metode pengambilan data judgment sampling. Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas yang terdiri dari kesadaran merek, kesetiaan merek, asosiasi merek, dan kualitas yang dirasakan berpengaruh serempak pada variabel terikat brand equity (ekuitas merek) melalui uji F. Namun pada uji t hanya variabel kesetiaan merek yang berpengaruh signifikan terhadap brand equity.

Kata kunci: Brand Equity, Kesadaran Merek, Kesetiaan Merek, Asosiasi Merek, Kualitas yang dirasakan

References

Adam, M. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Ameliawaty, R., Halilah, L. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Consumer Decision Making The Influence Of Brand Awareness To Consumer Decision Making. Jurnal Riset Bisnis & Investasi. Vol. 3 No. 2 Tahun 2017

Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, A., Ilyas, M. 2020. Analisis Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Coffee Toffee Surabaya). Journal of Business and Banking. Vol 10 No. 1 Tahun 2020

Palupiningtyas, D., Aryaningtyas, A.T. 2017. Pengaruh Komponen Pembentukan Ekuitas Merek Terhadap Intensitas Pembelian Wingko Babad Merek/Cap “Kereta Api” Sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Semarang. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 32 No. 1 Tahun 2017

Priyatno. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Sari, R.A.I., Dh, A.F., Fanani, D. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Warga Temenggungan Sebagai Pelanggan Indomie RT 10 RW 01 Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Klojen Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 1 No. 1 Tahun 2015

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 23. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharyani, K. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol 5 No. 1 Tahun 2015

Author Biographies

Vania Puspita Anggraeni, Politeknik Negeri Jember

Tanti Kustiari, Politeknik Negeri Jember

Muksin, Politeknik Negeri Jember

Huda Ahmad Hudori, Politeknik Negeri Jember

License

Copyright (c) 2021 Vania Puspita Anggraeni, Tanti Kustiari, Muksin, Huda Ahmad Hudori

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.