Determinasi Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan BUMDES Vandofi
DOI:
10.25047/jmaa.v2i1.19Issue:
Vol. 2 No. 1 (2022): JuneKeywords:
Kualitas, Citra, Harga, KepuasanArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Determinasi Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Usaha Bumdes Vandofi, Arjasa”. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, menggunakan kuesioner. Instrument penelitian ini menggunakan non probability sampling serta teknik yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi penelitian pada orang-orang yang mengenal atau yang pernah menggunakan jasa penyewaan alat catering Bumdes Vandofi dengan sampel sebanyak 50 orang. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Hipotesis menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan usaha Bumdes Vandofi, Arjasa. Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan usaha Bumdes Vandofi, Arjasa. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepusan pelanggan usaha Bumdes Vandofi, Arjasa. Kualitas Pelayanan, Citra merek dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan usaha Bumdes Vandofi, Arjasa
References
M. Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.
Matadji and M. D. Nurdiansyah, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Atmosfer Toko terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Buku Togamas Gajah Mada Sidoarjo,” JEM17 J. Ekon. Manaj., vol. 1, no. 1, Jun. 2016, doi: 10.30996/jem17.v1i1.663.
E. R. Dwihapsari and Y. Murni, “Pengaruh Positioning, Diferensiasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Buku Mimpi Sejuta Dolar dengan Promosi sebagai Variabel Intervening,” E-Journal Widya Ekon., vol. 1, no. 2, pp. 104–110, 2017
C. Ravikawati, “Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Surabaya Expo,” Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2019.
J. J. Spillane, Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2021.
M. Jogiyanto Hartono, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data, 1st ed. Penerbit Andi, 2018.
J. Sarwono, Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.
A. A. Hidayat, Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing, 2021.
V. W. Sujarweni and L. R. Utami, The Master Book of SPSS, 1st ed. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2019.
Author Biographies
Putri Cahya Amanda Sari, Universitas Muhammadiyah Jember
Fakultas Ilmu Manajemen
Bayu Wijayanti, Universitas Muhammadiyah Jember
Fakultas Ilmu Manajemen
License
Copyright (c) 2022 Putri Cahya Amanda Sari, Bayu Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.