Strategi Pemasaran Kopi Luwak pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember

Authors

Uki Diana Novitasari , Andi Muhammad Ismail

DOI:

10.25047/jmaa.v1i1.8

Published:

2021-06-28

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): June

Keywords:

Strategi, Pemasaran, SWOT, QSPM

Articles

How to Cite

[1]
U. D. Novitasari and A. M. Ismail, “Strategi Pemasaran Kopi Luwak pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember”, jmaa, vol. 1, no. 1, pp. 42–51, Jun. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

UMKM Zhibond Coffee merupakan sebuah usaha kopi yang terletak di perumahan Milenia blok E-26 kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. Usaha ini memproduksi berbagai macam kopi salah satunya adalah kopi luwak yang merupakan produk unggulan dari UMKM Zhibond Coffee. Selama masa pandemi covid-19, UMKM Zhibond Coffee mengalami penurunan penjualan. Disamping itu terdapat kendala pemasaran diantaranya belum maksimalnya strategi pemasaran, sistem pembayaran klien yang masih molor, dan adanya pesaing usaha sejenis. Hal ini menjadi latar belakang untuk melakukan penelitian mengenai strategi pemsaran yang tepat untuk kemajuan UMKM Zhibond Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dalam strategi pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember, 2) Menetapkan alternatif strategi pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember, 3) Menentukan prioritas strategi  pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan pada penelitiana ini adalah analisis SWOT dan metode QSPM yang digunakan untuk mengetahui strategi yang tepat pada UMKM Zhibond Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan pada sel V dan prioritas strategi yang diterapkan adalah menjaga kualitas dan stabilitas bahan baku agar produk dapat bersaing.

References

Abdullah, T. dan F, Tantri. 2015. Manajemen Pemasaran.Jakarta: Rajawali Pers.

Amirrullah. 2015. Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Badan Pusat Statistik.2018.Statistik Kopi Indonesia Indonesian Coffee Statistic 2018.Hal010. [17 Juli 2020]

Budiman.2015.Prospek Tinggi Bertanam Kopi : Pedoman Meningkatkan Kualitas Perkebunan Kopi.

David dan Forest.2016.Manajemen Konsep Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Edisi 15. Hal 11. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2014. ¬Kewirausahaan. Cetakan ke-10. Hal 186. Jakarta: Raja Grafindo.

Kementerian Pertanian.2019. Indonesia Negara Penghasil Kopi Keempat di Dunia. [17 Juli 2020]

Kotler, P. dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Manap, H. A. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Purwanto, I. 2007. Manajemen Strategi. Cetakan ke 3. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Media.

Sahman, M.P. 2019. Strategi Pemasaran Jual Beli Kopi (Studi di Desa Dandang Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara). Skripsi. Intitus Agama Islam Negeri Palopo. Sulawesi Selatan.

Salitasari, F.2017.Strategi Pemasaran Pia Tape pada UD. Purnama Jati Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.Skripsi.Politeknik Negeri Jember. Jember.

Siswoputranto, P.S. 1993. Kopi Internasional dan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S.M. 2018. Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Robusta di pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Skripsi. Politeknik Negeri Jember. Jember.

Spillane, J.J. 1990. Komoditi Kopi Peranannya dalam Perekonomian Indonesia. Yoyakarta:Kanisius.

Utami, R.A. 2018. Strategi Pemasaran Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Wahyudi dan Izhar. 2018. Strategi Pemasaran Kopi Arabika Kerinci di Provinsi Jambi.Hal0277. [24 Juli 2020].

Author Biographies

Uki Diana Novitasari, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Andi Muhammad Ismail, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

License

Copyright (c) 2021 Uki Diana Novitasari, Andi Muhammad Ismail

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.