Usulan Perbaikan Desain Kemasan Produk Kiko Bakery Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
DOI:
10.25047/jmaa.v2i1.29Issue:
Vol. 2 No. 1 (2022): JuneKeywords:
UMKM, Desain Kemasan, QFDArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kiko Bakery merupakan salah satu UMKM di Jawa Timur yang mengalami penurunan produksi di tahun 2021. Penyebab hal tersebut terjadi dikarenakan banyaknya pesaing bisnis yang muncul dan juga desain kemasan yang kurang menarik serta belum adanya keamasan sekunder yang layak untuk membungkus kemasan sehingga ditemukan banyak produk mengalami kerusakan karena masih dibungkus menggunakan kantung plastik. Peningkatan kualitas kemasan dapat menjadi jawaban dari permasalaan yang ada untuk menarik kembali minat konsumen dan menaikkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan desain kemasan produk Kiko Bakery dengan mempertimbangkan keinginan konsumen. Analisis dilakukan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan beberapa tahapan mulai dari tahap pengumpulan voice of customer hingga tahap penetapan target dan benchmarking. Hasil dari analisis menyatakan bahwa kemasan produk kiko bakery belum memenuhi goal dari semua atribut whats dan beberapa atribut hows yang sudah ditetapkan. Usulan perbaikan yang dihasilkan adalah kemasan plastik jenis polipropilen ukuran 20 x 16 cm dengan isi satu buah, kemasan kardus jenis kertas ivory 250 gr/m2 ukuran 22 x 15 x 7 cm dengan isi dua buah roti, dan kemasan kardus besar jenis kertas ivory 310 gr/m2 ukuran 32 x 22 x 10 cm dengan isi 12 buah roti.
References
S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, Oct. 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.
Badan Pusat Statistik, “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020,” 2021.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri, “Kabupaten Kediri dalam Angka (Kediri Regency in Figures) 2021,” 2021.
“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan.” 1999. [Online]. Available:
P. Verdika, E. Nursanti, and T. Priyasmanu, “Pengembangan Desain Produk Teh Gelas Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Penjualan Di CV. Tirta Indo Megah,” J. Teknol. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 1, 2016,
S. Lestariningsih and J. Jono, “Penggunaan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dalam Redesain Kompor Batik Elektrik ‘Kombatrik,’” J. REKAYASA Ind., vol. 1, no. 1, Oct. 2019, doi: 10.37631/jri.v1i1.58.
H. N. Cahya and W. Windasari, “Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan PT KAI Di Era Pandemi Covid19,” J. Din. Ekon. Bisnis, vol. 18, no. 2, Nov. 2021, doi: 10.34001/jdeb.v18i2.2270.
M. . Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish, Yogyakarta, Indonesia, 2018.
D. Hendrawan and K. Zorigoo, “Trust In Website And Its Effect On Purchase Intention For Young Consumers On C2c E-Commerce Business,” J. Apl. Manaj., vol. 17, no. 3, pp. 391–399, Sep. 2019, doi: 10.21776/ub.jam.2019.017.03.02.
P. Kotler, Marketing for Competitiveness. Yogyakarta: Bentang, 2017. [Online]. Available:
A. S. Hamdi and E. Bachruddi, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, Yogyakarta, Indonesia, 2014.
N. Dyana, N. Budiharti, and H. Galuh, “Analisis QFD (Quality Function Deployment) untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw Di UKM Waralaba Di Landungsari, Malang,” Valtech, vol. 3, no. 2, 2020
M. F. Setyabudi, M. D. Kurniawan, and M. Jufriyanto, “Usulan Pemasaran Produk Gawang Baju Menggunakan Metode SWOT Dan QFD (Studi Kasus: Ukm Avandi Teknik),” J. Integr. Sist. Ind., vol. 9, no. 1, 2022, doi: 10.24853/jisi.9.1.25-35.
N. Hairiyah, M. Kiptiah, and B. K. Fituwana, “Penerapan Quality Function Deployment (QFD) untuk Peningkatan Kinerja Industri Amplang Berdasarkan Kepuasan Pelanggan,” J. Teknol. Ind. Pertan., vol. 15, no. 4, 2021, doi: 10.21107/agrointek.v15i4.10744.
A. Y. N. Wahid, “Pengembangan Produk Minuman Sari Apel dengan Metode Green Quality Function Deployment,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.
O. R. Yustian, “Analisis Pengembangan Produk Berbasis Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus pada Produk Susu PT MSA),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 18, no. 3, p. 23, Jun. 2016, doi: 10.24914/jeb.v18i3.279.
M. N. Sasongko, M. Suyanto, and M. P. Kurniawan, “Analisis Kombinasi Warna Pada Antarmuka Website Pemerintah Kabupaten Klaten,” J. Teknol. TECHNOSCIENTIA, vol. 12, no. 2, pp. 125–133, 2020, doi: 10.34151/technoscientia.v12i2.2411.
Author Biographies
Nidya Shara Mahardika, Universitas Jember
Fakultas Teknologi Pertanian
Suci Agustina, Universitas Jember
Fakultas Tekonolgi Pertanian
License
Copyright (c) 2022 Nidya Shara Mahardika, Suci Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.