Model Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) : Studi Kasus UD. Jumari
DOI:
10.25047/jmaa.v2i2.43Issue:
Vol. 2 No. 2 (2022): DecemberKeywords:
Export, Sales, SWOT, Marketing StrategyArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dan strategi apakah yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan ekspor udang vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada UD. Jumari Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara studi kasus. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Pendekatan deskriptif kualitatif ini mengunakan bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai skor IFAS sebesar 2,93 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS sebesar 2,64 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang dan menghindari ancaman-ancaman yang ada. Pada diagram Cartesius diketahui UD. Jumari berada pada kuadran I dan berada pada jalur yang tepat dengan melakukan strategi agresif. Strategi yang harus diterapkan oleh UD. Jumari adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Pada matriks IE, UD. Jumari terletak pada sel 5, hasilnya perusahaan masuk kedalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal dan stability yaitu tidak ada perubahan profit strategi. Matriks SWOT, perusahaan berada pada kotak SO. Prioritas strategi pemasaran yang diperoleh dari hasil analisis dengan menggunakan matriks QSPM adalah Memanfaatkan kualitas udang dan sertifikasi dari kementerian kelautan dan perikanan Indonesia yang dimiliki oleh UD. Jumari agar dapat memperluas pasar dan menjaga citra yang baik dikalangan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menyarankan UD. Jumari agar dapat tetap mempertahankan serta meningkatkan kualitas daripada udang UD. Jumari dan memperluas dan mengembangkan akses di pasar internasional maupun lokal agar dapat meningkatkan tingkat penjualan.
References
F. I. Ichwanda et al., “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor,” Adm. Bisnis, vol. 24, no. 1, pp. 1–9, 2015.
D. Diniaty, I. Kusumanto, F. Roza, F. D. Husna, M. Hartati, and N. Nofirza, “Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group,” JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), vol. 6, no. 1, p. 109, Nov. 2019, doi: 10.31289/jkbm.v6i1.3080.
M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.
I. G. N. A. B. Putra, “ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEUNGGULAN PADA UD. KACANG SARI DI DESA TAMBLANG,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 2, p. 397, Sep. 2019, doi: 10.23887/jjpe.v9i2.20106.
R. Yaman, “Analisis daya saing ekspor komoditas udang indonesia di amerika serikat dan jepang,” Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Brawijaya, vol. 5, no. 2, pp. 13–26, 2017.
M. Fauzani, N. Akramiah, and B. Sutikno, “ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUKPT. KARUNIA SENTOSA PLASTIK,” J. EMA, vol. 3, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.47335/ema.v3i2.31.
C. Paper, “AMTeQ 2015 Annual Meeting on Testing and Quality,” no. January 2016, 2015.
Author Biographies
Muhammad Adam Rivaldi, Universitas Samudra
Faculty of Agriculture
Muhammad Jamil, Universitas Samudra
Faculty of Agriculture
Supristiwendi, Universitas Samudra
Faculty of Agriculture
Thursina Mahyuddin, Universitas Samudra
Faculty of Agriculture
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Adam Rivaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.