Model Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) : Studi Kasus UD. Jumari

Authors

Muhammad Adam Rivaldi , Muhammad Jamil , Supristiwendi , Thursina Mahyuddin

DOI:

10.25047/jmaa.v2i2.43

Published:

2022-12-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2022): December

Keywords:

Export, Sales, SWOT, Marketing Strategy

Articles

How to Cite

[1]
M. A. Rivaldi, M. Jamil, Supristiwendi, and T. Mahyuddin, “Model Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) : Studi Kasus UD. Jumari”, jmaa, vol. 2, no. 2, pp. 135–143, Dec. 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran dan strategi apakah yang paling tepat untuk meningkatkan penjualan ekspor udang vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada UD. Jumari Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara studi kasus. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan. Pendekatan deskriptif kualitatif ini mengunakan bauran pemasaran (product, price, place, promotion). Analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan nilai skor IFAS sebesar 2,93 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS sebesar 2,64 menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang dan menghindari ancaman-ancaman yang ada. Pada diagram Cartesius diketahui UD. Jumari berada pada kuadran I dan berada pada jalur yang tepat dengan melakukan strategi agresif. Strategi yang harus diterapkan oleh UD. Jumari adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).  Pada matriks IE, UD. Jumari terletak pada sel 5, hasilnya perusahaan masuk kedalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal dan stability yaitu tidak ada perubahan profit strategi. Matriks SWOT, perusahaan berada pada kotak SO. Prioritas strategi pemasaran yang diperoleh dari hasil analisis dengan menggunakan matriks QSPM adalah Memanfaatkan kualitas udang dan sertifikasi dari kementerian kelautan dan perikanan Indonesia yang dimiliki oleh UD. Jumari agar dapat memperluas pasar dan menjaga citra yang baik dikalangan konsumen untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menyarankan UD. Jumari agar dapat tetap mempertahankan serta meningkatkan kualitas daripada udang UD. Jumari dan memperluas dan mengembangkan akses di pasar internasional maupun lokal agar dapat meningkatkan tingkat penjualan.

References

F. I. Ichwanda et al., “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor,” Adm. Bisnis, vol. 24, no. 1, pp. 1–9, 2015.

D. Diniaty, I. Kusumanto, F. Roza, F. D. Husna, M. Hartati, and N. Nofirza, “Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group,” JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), vol. 6, no. 1, p. 109, Nov. 2019, doi: 10.31289/jkbm.v6i1.3080.

M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.

I. G. N. A. B. Putra, “ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEUNGGULAN PADA UD. KACANG SARI DI DESA TAMBLANG,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 2, p. 397, Sep. 2019, doi: 10.23887/jjpe.v9i2.20106.

R. Yaman, “Analisis daya saing ekspor komoditas udang indonesia di amerika serikat dan jepang,” Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Brawijaya, vol. 5, no. 2, pp. 13–26, 2017.

M. Fauzani, N. Akramiah, and B. Sutikno, “ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUKPT. KARUNIA SENTOSA PLASTIK,” J. EMA, vol. 3, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.47335/ema.v3i2.31.

C. Paper, “AMTeQ 2015 Annual Meeting on Testing and Quality,” no. January 2016, 2015.

Author Biographies

Muhammad Adam Rivaldi, Universitas Samudra

Faculty of Agriculture

Muhammad Jamil, Universitas Samudra

Faculty of Agriculture

Supristiwendi, Universitas Samudra

Faculty of Agriculture

Thursina Mahyuddin, Universitas Samudra

Faculty of Agriculture

License

Copyright (c) 2022 Muhammad Adam Rivaldi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.