Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Authors

DOI:

10.25047/jmaa.v2i1.23

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2022): June

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM
Received: Mar 04, 2022
Accepted: Jun 28, 2022
Published: Jun 30, 2022

Articles

How to Cite

[1]
S. P. Furensa, “Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember”, jmaa, vol. 2, no. 1, pp. 41–51, Jun. 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Lokasi penelitian bertempat di UD. Tahu Uap Barokah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor yang menjadi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada pemasaran tahu UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran tahu yang tepat pada UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran tahu yang sesuai pada UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada sel V dimana strategi yang tepat digunakan adalah strategi menjaga dan mempertahankan melalui strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar ataupun produk. Berdasarkan hasil analisis QSPM, dari sembilan alternatif strategi yang telah dibuat terdapat satu alternatif strategi yang paling diminati dan memiliki nilai prioritas tertinggi yaitu meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan harga agar mampu bersaing dengan skor TAS sebesar 4,42.

References

M. E. Y. Putra and D. G. Pratita, “Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 2, pp. 82–88, Dec. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i2.10.

P. Kotler and G. Armstrong, Dasar - Dasar Pemasaran : Principles of Marketing 7e Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo, 1997.

N. D. Agustien, A. M. Ismail, W. Dhamayanthi, and R. P. Y. Ambarkahi, “Analisis Pengembangan Usaha Agroindustri Minyak Atsiri pada UD Barokah Atsiri Jember,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 32–41, Jun. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i1.7.

Z. Walidah, E. A. Wardani, A. R. Wulandari, F. P. Mahendra, R. S. Ningtyas, and D. T. Cahyaningrum, “Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 52–59, Jun. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i1.9.

L. Dimyati, Y. Maryadi, and M. H. H. Dewi, “Strategi Pemasaran Tahu pada Usaha Rumahan Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat,” Ekonomia, vol. 10, no. 2, pp. 1–17, 2020,

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 21st ed. Bandung: Alfabeta, 2015.

Author Biographies

Salsabilla Putri Furensa, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi

Jurusan Manajemen Agribisnis

Ariesia Ayuning Gemaputri, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Taufik Hidayat, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Alwan Abdurrahman, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Amar Subagiyo, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Rizal Perlambang CNAWP, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

License

Copyright (c) 2022 Salsabilla Putri Furensa, Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Ariesia Ayuning Gemaputri, Taufik Hidayat, Alwan Abdurrahman, Amar Subagyo, Rizal Perlambang CNAWP

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)