Vol. 2 No. 1 (2022): June
Open Access
Peer Reviewed

Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Authors

DOI:

10.25047/jmaa.v2i1.23
Received: Mar 04, 2022
Accepted: Jun 28, 2022
Published: Jun 30, 2022

Abstract

Lokasi penelitian bertempat di UD. Tahu Uap Barokah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor yang menjadi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada pemasaran tahu UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran tahu yang tepat pada UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran tahu yang sesuai pada UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada sel V dimana strategi yang tepat digunakan adalah strategi menjaga dan mempertahankan melalui strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar ataupun produk. Berdasarkan hasil analisis QSPM, dari sembilan alternatif strategi yang telah dibuat terdapat satu alternatif strategi yang paling diminati dan memiliki nilai prioritas tertinggi yaitu meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan harga agar mampu bersaing dengan skor TAS sebesar 4,42.

Keywords:

Strategi Pemasaran , SWOT , QSPM

References

M. E. Y. Putra and D. G. Pratita, “Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 2, pp. 82–88, Dec. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i2.10.

P. Kotler and G. Armstrong, Dasar - Dasar Pemasaran : Principles of Marketing 7e Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo, 1997.

N. D. Agustien, A. M. Ismail, W. Dhamayanthi, and R. P. Y. Ambarkahi, “Analisis Pengembangan Usaha Agroindustri Minyak Atsiri pada UD Barokah Atsiri Jember,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 32–41, Jun. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i1.7.

Z. Walidah, E. A. Wardani, A. R. Wulandari, F. P. Mahendra, R. S. Ningtyas, and D. T. Cahyaningrum, “Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19,” J. Manaj. Agribisnis dan Agroindustri, vol. 1, no. 1 SE-Articles, pp. 52–59, Jun. 2021, doi: 10.25047/jmaa.v1i1.9.

L. Dimyati, Y. Maryadi, and M. H. H. Dewi, “Strategi Pemasaran Tahu pada Usaha Rumahan Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat,” Ekonomia, vol. 10, no. 2, pp. 1–17, 2020,

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 21st ed. Bandung: Alfabeta, 2015.

Author Biographies

Salsabilla Putri Furensa, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi

Jurusan Manajemen Agribisnis

Ariesia Ayuning Gemaputri, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Taufik Hidayat, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Alwan Abdurrahman, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Amar Subagiyo, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Rizal Perlambang CNAWP, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Manajemen Agribisnis

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

[1]
S. P. Furensa, “Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UD. Tahu Uap Barokah di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember”, jmaa, vol. 2, no. 1, pp. 41–51, Jun. 2022.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>