Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19

Authors

Ziyana Walidah , Eva Aulina Wardani , Ayu Risky Wulandari , Faradilla Putri Mahendra , Ria Setya Ningtyas , Deltaningtyas Tri Cahyaningrum

DOI:

10.25047/jmaa.v1i1.9

Published:

2021-06-28

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): June

Keywords:

Pie Susu, Zingiberaceae, analiis SWOT, Pemasaran, Covid-19

Articles

How to Cite

[1]
Z. Walidah, E. A. Wardani, A. R. Wulandari, F. P. Mahendra, R. S. Ningtyas, and D. T. Cahyaningrum, “Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19”, jmaa, vol. 1, no. 1, pp. 52–59, Jun. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk menganalisis penerapan SWOT terhadap strategi pemasaran pada Pie Susu Zingiberaceae dengan melihat faktor-faktor yang berpengaruh pada pemasaran produk. Sebagaimana yang kita tahu bersama bahwa Pie menjadi salah satu jenis pastry yang popular dibanyak negara salah satunya di Indonesia. Salah satu pengembangan pie di Indonesia adalah pie susu. Pie susu memiliki banyak varian rasa, namun belum banyak pie susu yang menggunakan tanaman herbal terutama tanaman herbal dari suku zingiberaceae. Penggabungan antara pie susu dengan beberapa tanaman herbal dari suku zingiberaceae menjadi variasi baru yang sangat bermanfaat dan memiliki peluang pasar yang besar di kalangan masyarakat Indonesia. Persaingan bisnis yang kompetitif dengan adanya pandemi Covid-19 menuntut para pelaku usaha untuk melakukan strategi promosi. Dengan analisis SWOT didapatkan bahwa posisi produk berada pada Opportunity-Strength yang artinya strategi yang diambil adalah penjualan dilakukan secara online dengan memberikan deskripsi tentang pie susu Zingiberaceae.

References

Andries, F. R. “Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Studi Kasus Pada PT Waringin Puspanusa Lestari Jakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Sanata Dharma. 2007.

GBIF, 2019. “Zingiber officinale Roscoe”. [Online] Available at: https://www.gbif.org/species/2757280. Accessed 22 May 2020].

Heriawan, F., Susanto, A. B., & Haryanti, D. “Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang”. Journal of Marine Research, 10(1), 138-146. 2021.

Kuspriyono, T. “Strategi Promosi Swalayan Depok (Swadep) Di Masa Pandemi Covid 19”. Jurnal Akrab Juara, 6(2), 45-55. 2021.

Rangkuti, F. “Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jun. 2006.

Syaiful, F. F., & Elihami, E. “Penerapan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan”. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 343-359. 2020.

Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. “Literation Of Education And Innovation Business Engineering Technology”. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 48-55.2020.

Sandy, A. T., Kadarsah, A., Nafiah, A., Kuswoyo, A., Syarifuddin, A., Sutadji, E., ... & Setiawan, S. “Di Balik Wabah Covid-19 Sumbangan Pemikiran Dan Perspektif Akademis”. 2020.

Wartoyo, P. “Enam Alat Analisis Manajemen”. 2011.

Yusuf, S. M., & Said, M. “Konsep dan Strategi Pemasaran”. 2019.

Author Biographies

Ziyana Walidah, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Eva Aulina Wardani, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Ayu Risky Wulandari, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Faradilla Putri Mahendra, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Ria Setya Ningtyas, Politeknik Negeri Jember

Department of Health

Deltaningtyas Tri Cahyaningrum, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

License

Copyright (c) 2021 Ziyana Walidah, Eva Aulina Wardani, Ayu Risky Wulandari, Faradilla Putri Mahendra, Ria Setya Ningtyas, Deltaningtyas Tri Cahyaningrum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)