Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Layla Bakery Jember

Authors

Ayu Dewi Larasati , Naning Retnowati , Alwan Abdurahman , Financya Mayasari

DOI:

10.25047/jmaa.v1i2.13

Published:

2021-12-28

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): December

Articles

How to Cite

[1]
A. D. Larasati, N. Retnowati, A. Abdurahman, and F. Mayasari, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Layla Bakery Jember”, jmaa, vol. 1, no. 2, pp. 73–81, Dec. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Layla Bakery merupakan usaha agroindustri yang terletak  di Jalan Ambulu No.110,  Kecamatan Balung,  Kabupaten Jember.  Produk dari Layla Bakery Jember antara lain roti pisang, donat, roti tawar, roti sisir dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah persediaan bahan baku tepung optimal yang seharusnya dilakukan Layla Bakery, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan kembali bahan baku tepung dan berapa total biaya pemesanan optimal untuk melakukan pengadaan bahan baku tepung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah EOQ  (Economic Order Quantity) yang meliputi perhitungan Quantity untuk mengetahui jumlah pemesanan bahan baku yang optimal, alat analisis ROP  (Reorder Point)  untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan bahan baku kembali, alat analisis Safety Stock  untuk mengetahui persediaan pengaman dan TIC  (Total Inventory Cost)  untuk menghitung total biaya pemesanan bahan baku. Berdasarkan hasil analisis dengan  metode EOQ, jumlah pesanan bahan baku yang optimal yaitu sebesar  3.179 Kg dengan frekuensi pembelian 18 kali dalam satu tahun dengan pemesanan ulang bahan baku jika persediaan mencapai 704 Kg dengan total biaya persediaan sebesar Rp. 351.827.600.

References

Fajrin, E.H. 2013. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (ROQ) Pada Perusahaan Roti Bonansa. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fahmi, I. 2016. Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Haming, M. dan M., Nurnajamuddin. 2012. Manajemen Produksi Modern : Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta : Bumi Aksara.

Heizer, J. dan R., Barry. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasok Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Indah, D. Rosa, Purwasih, L. dan Maulidia, Z. 2018. ”Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Aceh Rubber Industries Kabupaten Aceh Tamiang” Dalam Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol 7 No 2. Hal. 157.

Joko, S. 2001. Manajemen Produksi & Operasi. Cetakan Pertama. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta:Erlangga.

Subagyo, P., M, Asri, dan H, Handoko. 1999. Dasar – Dasar Operation Research. Cetakan 12. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Wahyuni, I. 2016. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tahu Dengan Metode Economic Order Quantity Pada UD Jaya Abadi Kabupaten Situbondo. Skripsi. Politeknik Negeri Jember.

Author Biographies

Ayu Dewi Larasati, Politeknik Negeri Jember

Naning Retnowati, Politeknik Negeri Jember

Alwan Abdurahman, Politeknik Negeri Jember

Financya Mayasari, Politeknik Negeri Jember

License

Copyright (c) 2021 Ayu Dewi Larasati, Naning Retnowati, Alwan Abdurahman, Financya Mayasari

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Most read articles by the same author(s)