Vol. 2 No. 2 (2022): December
Open Access
Peer Reviewed
Received: Mar 23, 2022
Accepted: Dec 28, 2022
Published: Dec 30, 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya perusahaan franchise dengan produk utama yang sejenis yaitu donut dan kopi yang berdiri di Jember, salah satunya ialah J.CO Donuts & Coffee Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen J.CO Donuts & Coffee Jember dengan pengambilan sampel sebanyak 40 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23.00. Hasil dari penelitian ini ialah secara serempak variabel citra merek (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Secara parsial variabel harga (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember sedagkan variabel citra merek (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember yaitu variabel kualitas produk (X3).

Keywords:

Brand Image , Price , Product Quality , Consumer Loyalty

References

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitif, dan R&D, 21st ed. Bandung: Alfabeta, 2016.

M. Kuncoro, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, 4th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.

M. E. Y. Putra and D. G. Pratita, “Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember,” J. Manaj., vol. 1, no. 2, 2021.

D. A. Puspitasari, S. Nuringwahyu, and D. Zunaida, “Pengaruh kulitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan,” J. Univ. Islam Malang, vol. 7, no. 3, pp. 29–37, 2018.

J. B. Santoso, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 16, no. 01, pp. 127–146, 2019, doi: 10.36406/jam.v16i01.271.

A. A. Setiawan, N. Rachma, and A. R. Slamet, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kreatifias Promosi Dan Citra Merek,” e–JRM Elektron. J. Ris. Manaj., vol. 8, no. 21, pp. 82–94, 2019.

P. G. Erdipriwiranti, P. A. Pangemanan, and G. A. J. Rumagit, “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dunkin’ Donuts Manado Town Square,” Agri-Sosioekonomi, vol. 15, no. 2, p. 321, 2019, doi: 10.35791/agrsosek.15.2.2019.24490.

H. H. M. Dien, S. G. Oroh, and D. Soepeno, “Pengaruh Kualitas Produk, Tampilan Fisik, Dan Mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Ayam Kuning Lalapan Jogja,” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 16, no. 2, pp. 483–494, 2016.

Author Biographies

Zenik Eka Cahyani, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Ariesia Ayuning Gemaputri, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Naning Retnowati, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Wenny Dhamayanthi, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

[1]
Z. E. Cahyani, R. P. Y. Ambarkahi, A. A. Gemaputri, N. Retnowati, and W. Dhamayanthi, “Analisis Loyalitas Konsumen Pada J.CO Donuts & Coffee Jember”, jmaa, vol. 2, no. 2, pp. 59–66, Dec. 2022.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>