Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Makan Bakso Kabut Kabupaten Jember
DOI:
10.25047/jmaa.v1i2.16Issue:
Vol. 1 No. 2 (2021): DecemberArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Perkembangan bisnis di bidang kuliner di ikuti dengan meningkatnya persaingan dunia bisnis warung makan, Salah satuhnya Warung makan bakso kabut di kabupaten Jember. Pengelolah bisnis makanan berusaha lebih baik dalam membuat varian-varian baru dalam produk makanan, agar dapat menarik perhatian pelangan untuk tidak beralih kepada pesaing bisnis warung makan lainnya. Harga, Kualitas pelayanan, kualitas produk dan lokasi merupakan faktor penentu terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga,kualitas pelayanan,kualitas produk dan lokasi, baik secara serempak maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan pada warung makan bakso kabut. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dan dan sampel penelitian ini sebanyak 50 responden. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelangan sedangkan kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. dan harga merupakan variabel yang paling dominan dengan demikian harga yang ditawarkan kepada pelangan kompetitif. Bagi para pengelola warung-warung makan bakso kabut, sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
References
Bates, R. Dan Khasawneh, S. 2005. Organizational Learning Culture, Learning Transfer Climate, And Perceived Innovation In Jordanian Organization International Journal Of Training And Development, 9 (2), 96- 109.
Essinger, F. Dan Wylie. Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Baks Lapangan Tembak).Universitas Diponegoro: Semarang.
Gaspersz, V. 2002. Total Quality Management. Jakarta : Pt.Gramedia Pustaku Tama.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guntur, Dr. Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran + Memangun Citra Negara. Sagung Seto,Jakarta.
Hardiyanti, P. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada Rumah Makan Takana Juo Di Makassar.
Idris, A. 2017. Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Mister Te Tawang Mangu Jember.
Kasmir Dan Jakfar 2003. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta:Prenadamedia Group.
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran.Analisis.Perencanaan. Implementasi Dan Pengendalian. Edisi Ke-2. Jakarta :Erlangga.
Lina, S. S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan.
Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori Dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat, 200.
Melya,P.2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Provita Bandar Lampung.
Muhamad, A. R.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bakso H.Yatmin Bekasi Timur.
Margenta Dan Edwin. 2012.Pengaruh Kualitas Makanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Kirana Di Kabupaten Slema (Studi Kasus Pada Ukm Martabak Kirana). Universitas Pgri: Yogyakarta.
Sumarni, 2000. Ekonomi Ketenaga Kerjaan, Edisi Terjemahan Teori Yogyakarta.
Sopiah Dan Syihabudhin. 2008.Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Al Abeta.
Santoso, S. 2014. Statistik Parametrik Konsep Dan Aplikasi Dengan Spss. Jakarta: Pt.Elek Medis Komputindo.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Sherly (2019) Melakukan Penelitian Yang berjudul“Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Gephok Pak Giek Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”.
Umar, H. 2002.Metode Riset Bisnis Dilengkapi Contoh, Proposal, Dan Hasil Riset Bidang Manajemen Dan Akuntasi. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama
Author Biographies
Nikinus Kogoya, Politeknik Negeri Jember
Andi Muhammad Ismail, Politeknik Negeri Jember
Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Politeknik Negeri Jember
Ardhitya Alam Wiguna, Politeknik Negeri Jember
License
Copyright (c) 2021 Nikinus Kogoya, Andi Muhammad Ismail, Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Ardhitya Alam Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.