Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Makan Bakso Kabut Kabupaten Jember

Authors

Nikinus Kogoya , Andi Muhammad Ismail , Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi‬ , Ardhitya Alam Wiguna

DOI:

10.25047/jmaa.v1i2.16

Published:

2021-12-28

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2021): December

Articles

How to Cite

[1]
N. Kogoya, A. M. Ismail, R. P. Y. Ambarkahi‬, and A. A. Wiguna, “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warung Makan Bakso Kabut Kabupaten Jember”, jmaa, vol. 1, no. 2, pp. 89–94, Dec. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Perkembangan bisnis di bidang kuliner di ikuti dengan meningkatnya persaingan dunia bisnis warung makan, Salah satuhnya Warung makan bakso kabut di kabupaten Jember. Pengelolah bisnis makanan berusaha lebih baik dalam membuat varian-varian baru dalam produk makanan, agar dapat menarik perhatian pelangan untuk tidak beralih kepada pesaing bisnis warung makan lainnya. Harga, Kualitas pelayanan, kualitas produk dan lokasi merupakan faktor penentu terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga,kualitas pelayanan,kualitas produk dan lokasi, baik secara serempak maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan pada warung makan bakso kabut. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dan dan sampel penelitian ini sebanyak 50 responden. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelangan sedangkan kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. dan harga merupakan variabel yang paling dominan dengan demikian harga yang ditawarkan kepada pelangan kompetitif. Bagi para pengelola warung-warung makan bakso kabut, sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Bates, R. Dan Khasawneh, S. 2005. Organizational Learning Culture, Learning Transfer Climate, And Perceived Innovation In Jordanian Organization International Journal Of Training And Development, 9 (2), 96- 109.

Essinger, F. Dan Wylie. Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Baks Lapangan Tembak).Universitas Diponegoro: Semarang.

Gaspersz, V. 2002. Total Quality Management. Jakarta : Pt.Gramedia Pustaku Tama.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guntur, Dr. Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran + Memangun Citra Negara. Sagung Seto,Jakarta.

Hardiyanti, P. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada Rumah Makan Takana Juo Di Makassar.

Idris, A. 2017. Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Mister Te Tawang Mangu Jember.

Kasmir Dan Jakfar 2003. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta:Prenadamedia Group.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran.Analisis.Perencanaan. Implementasi Dan Pengendalian. Edisi Ke-2. Jakarta :Erlangga.

Lina, S. S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan.

Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori Dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat, 200.

Melya,P.2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Provita Bandar Lampung.

Muhamad, A. R.2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bakso H.Yatmin Bekasi Timur.

Margenta Dan Edwin. 2012.Pengaruh Kualitas Makanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Kirana Di Kabupaten Slema (Studi Kasus Pada Ukm Martabak Kirana). Universitas Pgri: Yogyakarta.

Sumarni, 2000. Ekonomi Ketenaga Kerjaan, Edisi Terjemahan Teori Yogyakarta.

Sopiah Dan Syihabudhin. 2008.Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Al Abeta.

Santoso, S. 2014. Statistik Parametrik Konsep Dan Aplikasi Dengan Spss. Jakarta: Pt.Elek Medis Komputindo.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Sherly (2019) Melakukan Penelitian Yang berjudul“Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Gephok Pak Giek Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”.

Umar, H. 2002.Metode Riset Bisnis Dilengkapi Contoh, Proposal, Dan Hasil Riset Bidang Manajemen Dan Akuntasi. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama

Author Biographies

Nikinus Kogoya, Politeknik Negeri Jember

Andi Muhammad Ismail, Politeknik Negeri Jember

Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi‬, Politeknik Negeri Jember

Ardhitya Alam Wiguna, Politeknik Negeri Jember

License

Copyright (c) 2021 Nikinus Kogoya, Andi Muhammad Ismail, Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi‬, Ardhitya Alam Wiguna

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.