Penerapan Balanced Scorecard untuk Menilai Kinerja Koperasi Karyawan Sekar Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jember

Authors

Endro Sugiartono , Zulfiah Naufalina , Geri Barnas Saputra

DOI:

10.25047/jmaa.v1i1.5

Published:

2021-06-28

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2021): June

Keywords:

Motivasi, Kompensasi, Lingkungan Kerja, Produktivitas

Articles

How to Cite

[1]
E. Sugiartono, Z. Naufalina, and G. B. Saputra, “Penerapan Balanced Scorecard untuk Menilai Kinerja Koperasi Karyawan Sekar Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jember”, jmaa, vol. 1, no. 1, pp. 23–31, Jun. 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penilaian kinerja dapat digunakan sebagai evaluasi dalam menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja pada koperasi. Dengan demikian, diperlukan alat pengukuran kinerja koperasi yang melihat dari sudut pandang keuangan dan non keuangan. Balanced Scorecard merupakan alat pengukuran kinerja yang dapat digunakan berdasarkan empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Koperasi Karyawan SEKAR Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dengan menggunakan Balanced Scorecard yang dilihat dari keempat perspektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian penilaian kinerja Koperasi Karyawan SEKAR Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia pada tahun 2012-2015 dengan menggunakan penerapan konsep Balanced Scorecard berdasarkan perspektif keuangan dengan indikator pertumbuhan pendapatan penjualan, pertumbuhan pendapatan jasa, dan sisa hasil usaha (SHU) dalam kondisi sangat sehat, pada perspektif pelanggan dengan indikator akuisisi anggota dan retensi anggota dalam kondisi sangat sehat, pada perspektif proses bisnis internal dengan indikator kerjasama baru dan layanan usaha baru dalam kondisi kurang sehat, pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator retensi karyawan koperasi dan produktivitas karyawan koperasi dalam kondisi sangat sehat

References

Erlina. 2009. “Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard (BSC) dan SWOT”. Jurnal Penelitian Ilmu Teknik. UPN “Veteran”. Jawa Timur. Vol. 9. No.1. ISSN.

Gaspersz, V. 2005. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Pemerintah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Husen. S. 2010. “Penerapan Balanced Scorecard Untuk Kepuasan Pelanggan dan Pegawai pada Balai Besar Kemasan dan Kimia (BBKK).” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swadaya. Jakarta. Vol.12, No 1. ISSN: 1411-1438.

Indranatha, I., I.K Suryanawa. 2013. “Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Koperasi Serba Usaha Kuta Mimba.” Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana. Bali. Vol. 4. No. 3. ISSN: 2302-8556.

Kuncoro, M. 2005. Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?. Jakarta: Erlangga, Jakarta.

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard; Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandakan Kinerja Laporan Keuangan Perusahaan, Cetakan Kesatu, Jakarta: Salamba Empat.

Putrayasa. I. 2011. “Pengukuran Kinerja Ditinjau Dari Empat Perspektif Balanced Scorecard Pada Koperasi Mertha Yasa Di Desa Penarungan.” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Politeknik Negeri Bali. Bali. Vol. 7. No. 3.

Rangkuti, F. 2013. SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susetyo, Joko dan Sabakula, A.U.L. 2014. “Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Dan Integrited Performance Measurement System (IPMS)”. Yoyakarta: Institut Sains Dan Tekhnologi AKPRIND.

Yuwono, S., E. Sukarno, M. Ichsan. 2006. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus Pada Strategi. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia.

Author Biographies

Endro Sugiartono, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

Zulfiah Naufalina, politeknik negeri jember

Department of Agribusiness Management

Geri Barnas Saputra, Politeknik Negeri Jember

Department of Agribusiness Management

License

Copyright (c) 2021 Endro Sugiartono, Zulfiah Naufalina, Geri Barnas Saputra

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.