Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19
DOI:
10.25047/jmaa.v1i1.9Issue:
Vol. 1 No. 1 (2021): JuneKeywords:
Pie Susu, Zingiberaceae, analiis SWOT, Pemasaran, Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitan ini untuk menganalisis penerapan SWOT terhadap strategi pemasaran pada Pie Susu Zingiberaceae dengan melihat faktor-faktor yang berpengaruh pada pemasaran produk. Sebagaimana yang kita tahu bersama bahwa Pie menjadi salah satu jenis pastry yang popular dibanyak negara salah satunya di Indonesia. Salah satu pengembangan pie di Indonesia adalah pie susu. Pie susu memiliki banyak varian rasa, namun belum banyak pie susu yang menggunakan tanaman herbal terutama tanaman herbal dari suku zingiberaceae. Penggabungan antara pie susu dengan beberapa tanaman herbal dari suku zingiberaceae menjadi variasi baru yang sangat bermanfaat dan memiliki peluang pasar yang besar di kalangan masyarakat Indonesia. Persaingan bisnis yang kompetitif dengan adanya pandemi Covid-19 menuntut para pelaku usaha untuk melakukan strategi promosi. Dengan analisis SWOT didapatkan bahwa posisi produk berada pada Opportunity-Strength yang artinya strategi yang diambil adalah penjualan dilakukan secara online dengan memberikan deskripsi tentang pie susu Zingiberaceae.
References
Andries, F. R. “Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Studi Kasus Pada PT Waringin Puspanusa Lestari Jakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Sanata Dharma. 2007.
GBIF, 2019. “Zingiber officinale Roscoe”. [Online] Available at: https://www.gbif.org/species/2757280. Accessed 22 May 2020].
Heriawan, F., Susanto, A. B., & Haryanti, D. “Strategi Pemasaran, Penjualan dan Produksi Olahan Rumput Laut Berbasis IT saat Pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang”. Journal of Marine Research, 10(1), 138-146. 2021.
Kuspriyono, T. “Strategi Promosi Swalayan Depok (Swadep) Di Masa Pandemi Covid 19”. Jurnal Akrab Juara, 6(2), 45-55. 2021.
Rangkuti, F. “Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jun. 2006.
Syaiful, F. F., & Elihami, E. “Penerapan Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan”. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 343-359. 2020.
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. “Literation Of Education And Innovation Business Engineering Technology”. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 48-55.2020.
Sandy, A. T., Kadarsah, A., Nafiah, A., Kuswoyo, A., Syarifuddin, A., Sutadji, E., ... & Setiawan, S. “Di Balik Wabah Covid-19 Sumbangan Pemikiran Dan Perspektif Akademis”. 2020.
Wartoyo, P. “Enam Alat Analisis Manajemen”. 2011.
Yusuf, S. M., & Said, M. “Konsep dan Strategi Pemasaran”. 2019.
Author Biographies
Ziyana Walidah, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Eva Aulina Wardani, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Ayu Risky Wulandari, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Faradilla Putri Mahendra, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Ria Setya Ningtyas, Politeknik Negeri Jember
Department of Health
Deltaningtyas Tri Cahyaningrum, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
License
Copyright (c) 2021 Ziyana Walidah, Eva Aulina Wardani, Ayu Risky Wulandari, Faradilla Putri Mahendra, Ria Setya Ningtyas, Deltaningtyas Tri Cahyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.