Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) pada Cafe Mom Akar Pesanggaran Banyuwangi
DOI:
10.25047/jmaa.v2i2.39Issue:
Vol. 2 No. 2 (2022): DecemberKeywords:
Customer Satisfaction, Quality of Service, Customer Satisfaction IndexArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pada era globalisasi ini persaingan bisnis sangat berkembang tajam baik itu mencakup pasar domestik maupun mancanegara. Perusahaan membutuhkan strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan dengan kompetitornya. Salah satu dari strategi tersebut perusahaan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan baik itu dari pembenahan kualitas produk, perbaikan layanan kepada pelanggan hingga pemberian harga yang sesuai dengan pelanggan. Dengan begitu loyalitas pelanggan kepada perusahaan dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan service pada Café Mom Akar Pesanggaran Banyuwangi dan menentukan kriteria-kriteria yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI). Dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI), dapat diketahui prioritas pelayanan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai index CSI 86,09%, yang menunjukan bahwa sebagian besar konsumen telah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan, namun perusahaan harus lebih meningkatkan pelayanan.
References
Daftar Rujukan
] Anggraini, 2017. Analisis PersepsiKonsumenMenggunakan MetodeImportancePerformanceAnalysisDanCustomerSatisfactionIndex.JurnalIndustriVol4 No 2 Hal74– 81 CustomerSatisfaction Index
] Chan, L.K., Hui, Y.V., Lo, H.P., Tse, S.K., Tso, G.K.F. and Wu, M.L. (2003), "Consumer satisfaction index: new practice and findings", European Journal of Marketing, Vol. 37 No. 5/6
] Devani.2016.AnalisisKepuasanPelanggandengan MenggunakanMetodeCustomer Satisfaction Index(Csi) DanPotentialGain InCustomerValue(Pgcv). Jurnal RekayasaDanManajemenSistemInformasi,Vol.2, No2,Agustus2016e- ISSN2502-8995ISSN2460-8181
] Ebrahimzadeh Pezeshki, R., Sabokro, M. and Jalilian, N. (2020), "Developing customer satisfaction index in Iranian public higher education", International Journal of Educational Management, Vol. 34 No. 7, pp. 1093-1104.
] Estikhamah, F., & Utomo, N. (n.d.). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Analisis Faktor Tingkat Kepuasan Pelanggan Bus Patas Sugeng Rahayu Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfication Index (CSI).
] Ghozali,Imam.2013.AplikasiAnalisisMultivariatdenganProgramIBMSPSS21Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro. Semarang.
] Hasibuan, S., & Pendapatan Toko, A. (n.d.). Sakinah Hasibuan, Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Pramuniaga Di Toko Suzuya The Central Pasar Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) ANALISA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN PRAMUNIAGA DI TOKO SUZUYA THE CENTRAL PASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI).
] Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, J., Nanda Pranata, M., Hartiati, A., & Anom Bayu Sadyasmara, C. (n.d.). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Voltvet Eatery and Coffee menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Analysis of Customer Satisfaction on Quality Products and Services at Voltvet Eatery and Coffee using The Method of Customer Satisfaction Index (CSI).
] Rochman, A. (n.d.). ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA MINIMARKET XYZ DENGAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA).
] Subiyantoro,2016.AnalisisTingkatKepuasanPasienTerhadapPelayanan Yang Diberikan Oleh Rumah Sakit Dengan Metode Servqual, Importance Performance AnalysisDan CustomerSatisfaction Index. ISBN : 978-602-61599-6-0
] Sugiyono, 2010, StatistikaUntuk Penelitian, CetakanKetujuh, Bandung:CV. Alfabeta.
] Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. In JURNAL INFORMATIKA UPGRIS (Vol. 4, Issue 1).
] Wijaya STIKOM Bali Jln Raya Puputan, S., & Denpasar, R. (2017). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN BAGIAN KEUANGAN DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11–17.
Author Biographies
Mika Masarina Putri, Universitas Muhammadiyah Jember
Faculty of Economics and Business
Eko Budi Satoto, Universitas Muhammadiyah Jember
Faculty of Economics and Business
Pawestri Winahyu, Universitas Muhammadiyah Jember
Faculty of Economics and Business
License
Copyright (c) 2022 Mika Masarina Putri, Eko Budi Satoto, Pawestri Winahyu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.