Analisis Loyalitas Konsumen Pada J.CO Donuts & Coffee Jember
DOI:
10.25047/jmaa.v2i2.25Issue:
Vol. 2 No. 2 (2022): DecemberKeywords:
Brand Image, Price, Product Quality, Consumer LoyaltyArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya perusahaan franchise dengan produk utama yang sejenis yaitu donut dan kopi yang berdiri di Jember, salah satunya ialah J.CO Donuts & Coffee Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen J.CO Donuts & Coffee Jember dengan pengambilan sampel sebanyak 40 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 23.00. Hasil dari penelitian ini ialah secara serempak variabel citra merek (X1), harga (X2), dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. Secara parsial variabel harga (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember sedagkan variabel citra merek (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember. variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas konsumen pada J.CO Donuts & Coffee Jember yaitu variabel kualitas produk (X3).
References
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitif, dan R&D, 21st ed. Bandung: Alfabeta, 2016.
M. Kuncoro, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, 4th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.
M. E. Y. Putra and D. G. Pratita, “Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember,” J. Manaj., vol. 1, no. 2, 2021.
D. A. Puspitasari, S. Nuringwahyu, and D. Zunaida, “Pengaruh kulitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan,” J. Univ. Islam Malang, vol. 7, no. 3, pp. 29–37, 2018.
J. B. Santoso, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 16, no. 01, pp. 127–146, 2019, doi: 10.36406/jam.v16i01.271.
A. A. Setiawan, N. Rachma, and A. R. Slamet, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kreatifias Promosi Dan Citra Merek,” e–JRM Elektron. J. Ris. Manaj., vol. 8, no. 21, pp. 82–94, 2019.
P. G. Erdipriwiranti, P. A. Pangemanan, and G. A. J. Rumagit, “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dunkin’ Donuts Manado Town Square,” Agri-Sosioekonomi, vol. 15, no. 2, p. 321, 2019, doi: 10.35791/agrsosek.15.2.2019.24490.
H. H. M. Dien, S. G. Oroh, and D. Soepeno, “Pengaruh Kualitas Produk, Tampilan Fisik, Dan Mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Ayam Kuning Lalapan Jogja,” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 16, no. 2, pp. 483–494, 2016.
Author Biographies
Zenik Eka Cahyani, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Ariesia Ayuning Gemaputri, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Naning Retnowati, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
Wenny Dhamayanthi, Politeknik Negeri Jember
Department of Agribusiness Management
License
Copyright (c) 2022 Zenik Eka Cahyani, Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi, Ariesia Ayuning Gemaputri, Naning Retnowati, Wenny Dhamayanthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.